ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Waspadai Bahaya Listrik di Musim Penghujan

Jumat , 15 November 2019 | 14:15
Waspadai Bahaya Listrik di Musim Penghujan
Hati-hati listrik saat hujan (Net)

JAKARTA, ARAHPROPERTI.COM - Puluhan kali lewat pesan-pesan di media sosial maupun WAG, memperlihatkan bahaya listrik saat terjadi hujan. Bahkan kasus ekstrim pun bisa terjadi bila kita tidak waspada terhadap energi ini. Namun tidak hanya di luar rumah, di dalam rumah pun, perlu hati-hati terhadap keberadaan jaringan ini.

Listrik merupakan energi dibangkitkan oleh sumber energi biasanya generator dan dapat yang mengalir dari satu titik ke titik lain melalui konduktor dalam rangkaian tertutup. Potensi bahaya listrik adalah bahaya kejut listrik, panas yang ditimbulkan, dan medan listrik.

Saat melakukan aktivitas dalam ruang pun, dapat mengalami bahaya listrik. Misalnya, aktivitas yang berhubungan atau menyentuh kedua konduktor pada rangkaian listrik yang bertegangan. Selain itu, kecelakaan listrik bisa disebabkan oleh kombinasi tiga faktor, yaitu peralatan atau instalasi yang tidak aman, tempat beraktivitas berada di lingkungan yang tidak aman atau melaksanakan pekerjaan yang tidak aman.

Maka, sebelum hal-hal yang tidak diinginkan itu terjadi, perlu dilakukan beberapa usaha preventif. Yaitu; menutup semua instalasi yang terbuka, engisolasi bagian aktif atau konduktor, memperbaiki penutup instalasi yang rusak, memperbaiki atau mengganti peralatan yang rusak, menghindari lingkungan kerja yang tidak aman, memeriksa kondisi kawat atau core kabel serta melakukan pengukuran grounding, menggunakan peralatan atau sistem grounding yang benar, menghindari penggunaan yang melebihi kapasitasnya, memeriksa dan memelihara peralatan listrik dengan baik, dan enggunakan peralatan/ sistem pengaman.

Berikut ini, tips aman dari bahaya listrik

Gunakan sarung tangan dan sepatu khusus untuk bahaya listrik;

Simpan peralatan listrik yang tidak digunakan di tempat yang kering;

Jangan menggunakan peralatan listrik yang basah/ lembab;

Usahakan tempat kerja listrik terang;

Pastikan tidak mendekati potensi bahaya listrik;

Jangan membawa alat dengan kabel;

Jangan mencabut/menyentak untuk melepaskan tusuk kontak;

Jaga kabel dari panas, minyak dan benda tajam;

Lepaskan dari sumber listrik, peralatan yang tidak digunakan;

Ganti setiap peralatan yang rusak;

Pastikan bahwa saklar daya utama untuk mematikan daya listrik mudah dijangkau dan jelas ditandai, sehingga dapat dengan cepat dimatikan dalam keadaan darurat.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR