ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Menteri PUPR Segera Urus Infrastruktur Pembangunan Ibukota Baru

Kamis , 24 Oktober 2019 | 09:36
Menteri PUPR Segera Urus Infrastruktur Pembangunan Ibukota Baru
Menteri PUPR dan Presiden RI (Net)

JAKARTA, ARAHPROPERTI.COM - Pelantikannya sebagai Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dianggap Basuki Hadimuljono sebagai amanat meneruskan pembangunan fisik bagi kesejahteraan masyarakat. Ia pun menyebut, pembangunan infrastruktur untuk rakyat masih menjadi fokus pemerintahan Jokowi lima tahun ke depan. Khususnya persiapan membangun ibukota baru di Provinsi Kalimantan Timur.

Sebelumnya, Menteri senior tersebut mengatakan bahwa Jokowi sempat memintanya untuk kembali mengurus PUPR.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur untuk rakyat masih menjadi fokus pemerintahan Jokowi lima tahun ke depan. "Pak Presiden sampaikan, Pak Basuki lanjutkan pembangunan infrastruktur. dan bagaimana infrastruktur agar bisa dimanfaatkan masyarakat dan demi kemajuan ekonomi. Misalnya jalan tol tersambung ke kawasan khusus ke lokasi wisata," katanya.

Tanpa pikir panjang Basuki menerima pinangan Jokowi. Kembali menjadi Menteri PUPR untuk lima tahun ke depan. Basuki akan mencatatkan namanya sebagai pekerja di Kementerian PU paling lama sepanjang sejarah.

"Saya ini 50 tahun kerja di PU. Kalau kerja lagi berarti saya yang paling lama. Saya ini 13 tahun eselon I di empat posisi," ucapnya.

Basuki mengaku tidak keberatan dengan tugas dari Presiden Jokowi. "Jabatan buat saya adalah perintah dan amanat dari allah. perintah atasan pasti saya jalankan," tutupnya.

PUPR Sediakan Hadiah Rp 2 Miliar, Sayembara Desain Ibukota

Sebagaimana diketahui, Kementerian PUPR menyelenggarakan sayembara desain ibu kota baru dan Basuki mengungkapkan, pesertanya capai 762 orang.

"Beliau (Presiden) tanya progress sayembara ibu kota, saya jawab sedang di lapangan dan peserta ada 762 orang. Beliau surprise karena banyak sekali," ujarnya.

Basuki menambahkan, sebagian besar mereka yang ikut sayembara bukan semata-mata tertarik dengan hadiahnya yang besar, tapi karena keinginan dan kebanggaan tersendiri. Sebagai informasi, mengutip situs resmi sayembaraikn.pu.go.id, pemenang utama desain ibu kota akan dihadiahi Rp2 miliar. "Ini masuk 10 besar saja, untuk para ahli ini sudah membanggakan," tambahnya.

Dirinya menambahkan, jika ada waktu, Presiden akan berbicara di depan para peserta untuk mendiskusikan ide terkait pembangunan ibu kota baru.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR