ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Enam Perusahaan Siap Kembangkan Kawasan Timur Jakarta

Rabu , 02 Oktober 2019 | 11:09
Enam Perusahaan Siap Kembangkan Kawasan Timur Jakarta
Komite Koridor Timur Jakarta (Net)

JAKARTA, ARAHPROPERTI.COM - Kota yang berada di pinggiran Jakarta, seperti kawasan Bekasi, Cikarang, dan Karawang mulai dilik para developer. Bahkan daerah ini sudah menjadi target para pengembang untuk melakukan pembukaan lahan properti. Ujungnya, bisa memberikan kontribusi pada pendapatan daerah.

Enam perusahaan membentuk komite yang bergerak di bidang properti dan segera mengembangkan kawasan timur Jakarta sebagai tujuan investasi dan hunian.

"Koridor Timur Jakarta yaitu Bekasi, Cikarang, dan Karawang merupakan jantung ekonomi Indonesia karena memberikan kontribusi besar terhadap PDB," kata Ketua Umum DPP Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) Lukas Bong di Jakarta, Selasa (01/10).

Data BPS memperlihatkan Produk Domestik Bruto (PDB), tumbuh 5,17 persen lebih tinggi dari capaian tahun 2017. Setidaknya lebih dari 60 persen aktivitas perekonomian nasional disumbang oleh Koridor Timur Jakarta yang 70 persennya berpusat di Bekasi-Cikarang.

Kini, kawasan Koridor Timur Jakarta dengan luas mencapai 10.000 hektare (ha) ini tumbuh menjadi aset properti unggulan yang di dalamnya sudah dilengkapi dengan pusat bisnis, gaya hidup, destinasi hunian, pusat industri dan pusat lapangan pekerjaan.

Enam perusahaan yang tergabung ke dalam komite itu meliputi PT Summarecon Agung Tbk sselyad 240 ha, PT Jababeka Tbk (5.600), PT PP Properti Tbk (28), PT Pollux Properti Indonesia Tbk (45), PT Sirius Surya Sentosa (Vasanta Innopark) 100 ha, dan PT Lippo Cikarang Tbk seluas 3.400 ha.

Menurut Director PT Jababeka Tbk Sutedja S, sebagai tahap awal komite akan menyiapkan strategi pemasaran bersama untuk Koridor Timur Jakarta untuk memberikan gambaran yang benar mengenai kawasan tersebut yang identik dengan kawasan industri dan kemacetan.

"Padahal kalau dilihat fasilitas yang tersedia di timur Jakarta tidak kalah dengan kota-kota maju lain di Indonesia," ujar Sutedja.

Sedangkan untuk tahap berikutnya, Sutedja mengatakan kemungkinan akan ditingkatkan di bidang pembangunan infrastruktur dan transportasi bersama untuk memberikan kemudahan akses di enam kawasan.

Soal fasilitas, Taufik Hidayat mengatakan rumah sakit mudah ditemui di kawasan ini, mulai dari Rumah Sakit Hermina, Rumah Sakit Siloam, RS Awal Bros, RS Graha MM2100, OMNI Hospitals, RS St. Elizabeth, RB dan Klinik CMC hingga Rumah Sakit Mitra Keluarga.

Kemudian terdapat juga fasilitas pendidikan, karena di Koridor Timur Jakarta ada beragam pilihan sekolah berkualitas internasional hingga jenjang perkuliahan,. Seperti Sekolah Islam Al Azhar, Sekolah Kristen Penabur, Sekolah Pelita Harapan, Hikari Japanese School, President University, Binus University hingga ITB Technopark.

Koridor Timur Jakarta juga memiliki akses yang mudah, komplit, dan terintegrasi dengan tol Jakarta-Cikampek sebagai pusat pembangunan infrastruktur Pemerintah Indonesia.

Selain itu, kemudahan dari dan menuju Koridor Timur Jakarta ditandai dengan lengkapnya transportasi massal yang praktis dan mudah seperti KRL Commuter Line Jakarta-Cikarang, Feeder Busway, JR Connexion, Transjakarta yang terintegrasi dengan Transpatriot serta Royaltrans.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR