ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Miliki Rumah Minimalis dengan Bujet Pas-pasan

Sabtu , 24 Oktober 2020 | 19:00
Miliki Rumah Minimalis dengan Bujet Pas-pasan
Ilustrasi: Cara membuat rumah minimalis modern dengan bujet pas-pasan. (kompasiana)
POPULER

BAGAIMANA cara membuat rumah minimalis modern dengan anggaran yang pas-pasan? Rumah minimalis menjadi salah satu model rumah di dalam arsitektur modern yang menekankan kepada hal-hal yang sifatnya esensial dan memiliki nilai fungsi lebih. Bagi masyarakat perkotaan, rumah jenis ini biasanya terdiri dari beberapa lantai.

Namun secara umum, konsep rumah minimalis 1 lantai dan rumah minimalis 2 lantai mempunyai karakteristik yang sama yaitu mengusung kesederhanaan baik dalam bentuk dan fungsi, mengusung interior open plan, serta hiasan rumah minimalis yang sederhana.

Penerapan cat warna rumah minimalis ini cenderung lebih warna-warni serta menggunakan warna pastel. Seluruh karakteristik inipun menandakan bahwa semakin sedikit detail yang ditunjukkan, semakin sedikit pula waktu dan anggaran yang diperlukan. Lantas, bagaimana cara membuat rumah minimalis modern dengan anggaran yang pas-pasan? Simak 6 tipsnya di bawah ini!

Rencanakan dengan Tepat
Langkah awal untuk mendirikan rumah dengan konsep minimalis adalah memulainya dengan perencanaan yang tepat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari ukuran bangunan hingga target penyelesaiannya.

Adanya perencanaan yang tepat dan matang akan menjadi pengontrol terhadap terjadinya kekeliruan selama proses pembangunan berlangsung. Pasalnya, jika perencanaan ini tidak sesuai dengan rencana, maka akan berdampak buruk terhadap anggaran yang ada.

Pakai Bahan Lokal
Memakai bahan-bahan lokal merupakan salah satu cara murah menekan anggaran pembangunan. Pasalnya, kualitas bahan lokal tidak kalah dengan bahan-bahan produksi luar negeri. Harga yang ditawarkan pun lebih murah.

Selektif Pilih Tukang
Juru bangunan atau tukang menjadi bagian yang akan menghabiskan banyak dana. Maka dari itu, Anda harus selektif dalam memilih tukang. Tidak ada salahya mencari tukang dengan kualitas kerja yang baik, namun dengan harga terjangkau.

Hitung Per Satuan
Tips hemat berikutnya bisa ditempuh dengan menghitung secara satuan item yang diperlukan, misalnya gambar rumah, spesifikasi material, serta harga upah tukang. Jangan lupa untuk menambahkan PPN 10% terhadap rencana anggaran biaya bangunan.

Rajin Riset Harga
Membangun rumah minimalis dengan bujet pas-pasan berarti Anda harus rajin riset harga bahan bangunan serta alokasi dana lainnya. Jangan ragu untuk keluar masuk toko-toko bahan bangunan demi mendapatkan harga material termurah.

Bangun Secara Bertahap
Terakhir, tips rumah minimalis yang tidak boleh diabaikan yaitu pembangunan secara bertahap. Sebagai pemilik, Anda tidak harus menunggu hingga dana terkumpul dan mencukupi seluruh anggaran yang diperlukan.

Proses pembangunan sebaiknya dilakukan secara bertahap mulai dari pembuatan pondasi, pendirian bangunan, sampai pemasangan atap. Meski menghabiskan waktu lebih lama, cara ini akan memberikan kesempatan bagi Anda yang ingin lebih fokus. Pengeluaran dana pun lebih teratur dan bisa dipantau.

Nah, itu tadi beberapa informasi tentang tips yang perlu Anda perhatikan jika ingin memiliki gaya rumah minimalis. Setelah tempat tinggal sudah jadi, maka ada baiknya jika Anda memiliki asuransi rumah sedini mungkin.

Editor : Farida Denura
KOMENTAR