ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Manfaat Triplek untuk Bangunan dan Kreasi Seni

Kamis , 22 Oktober 2020 | 10:11
Manfaat Triplek untuk Bangunan dan Kreasi Seni
Manfaat Triplek (Net)

JAKARTA, ARAHPROPERTI.COM - Materi triplek, sering menjadi unsur yang diperhitungkan pula dalam pembangunan sebuah gedung. Baik itu rumah, ruko, maupun bentuk lain yang bisa dilakukan secara simple dan mudah. Sarana ini berasal dari olahan kayu dengan berlapis-lapis muatan didalamnya. Soal ketebalan, tidak ada ukuran yang pasti karena triplek memiliki ketebalan yang bervariasi, mulai dari yang tipis dan lentur, hingga papan triplek yang tebal dan kuat untuk menopang beban yang berat.

Dalam pemanfaatannya, umumnya triplek dijadikan bagian dari pondasi rumah dalam pembuatan atap. Berbagai jenis dari pembuatan atap untuk rumah yang dapat memberikan kenyamanan untuk penghuni rumah, hal ini tentu saja dimanfaatkan oleh pembuat rumah. Manfaat pondasi rumah sendiri terbilang cukup simple dengan hanya menggunakan bahan batu, kayu, maupun gypsum.

Kebanyakan triplek dibuat dari hancuran kayu yang diolah kembali menjadi lapisan kayu, yang kemudian digabungkan menjadi suatu papan kayu yang berlapis-lapis. Triplek sendiri dapat dengan mudah kita temui, karena sudah sangat banyak dijual di pasaran. Saat ini, peran triplek masih belum tergantikan, terbukti dari banyaknya penggunaan tripel pada banyak sekali kebutuhan manusia.

Namun tak hanya itu, ada beragam manfaat triplek bagi pembangunan sebuah rumah atau ruko yang bisa difungsikan untuk berbagai bagian.

Triplek untuk lantai

Umumnya dalam pembuatan lantai dari sebuah bangunan, orang pasti lebih menggunakan keramik sebagai bahan utamanya. Namun saat ini pun, tak jarang triplek juga dimanfaatkan dalam pembuatan lantai. Biasanya triplek digunakan untuk alas lantai yang sering digunakan sebagai gudang, atau sebagai lantai dari rumah yang memilki konstruksi kayu. Namun kelemahan dari lantai yang terbuat dari bahan triplek ini adalah kurang tahan terhadap air, dan juga memilki debu dan juga serbuk kayu yang dapat mengganggu kesehatan pernapasan dari pemilki rumah. Untuk itu salah satu alternatif kebanyakan orang menggunakan batu granit sebagai lantai rumah. Manfaat batu granit dapat membuat rumah menjadi berbeda dan lebih telihat menarik.

Triplek untuk dinding rumah

Tertarik mengemas dinding rumah Anda lebih artistik? Boleh juga bereksperimen dengan triplek. Selain sebagai dinding, triplek juga dimanfaatkan untuk pembuatan sekat-sekat pada bagian rumah. Penggunaan triplek sebagai sekat dan dinding rumah dilakukan untuk penghematan dan juga efiseinsi waktu, dimana apabila menggunakan batu bata dan juga semen akan memakan waktu dan juga biaya yang lebih tinggi. Selain itu, penggunaan triplek juga dinilai lebih praktis, karena dapat dibongkar dengn mudah apabila ingin mengganti konstruksi. Dinding yang terbuat dari triplek hanya sebatas sekat kecil ruangan besar yang terbagi atas beberapa bagian.

Triplek untuk plafon

Plafon atau apat rumah juga seringkali menggunakan triplek. Plafon merupakan bagian atap rumah, yang membatasi ruangan rumah dengan rangka atap dan juga genting rumah. Biasanya plafon rumah yang menggunakan tripleks akan menjadi lebih kuat dan jga kokoh, namun lebih rentan terhadap kebocoran, karena itu saat ini penggunaan plafon rumah suda jarang menggunakan triplek, dan lebih banyak menggunakan bahan gypsum, asbes dan juga fiber. Manfaat plafon rumah ini banyak digunakan di berbagai bangunan rumah, terlebih yang membangun rumah sejak awal pastinya akan memilih plafon yang baik dengan kualitas yang bagus pula agar rumah tahan lebih lama. Namun tak sedikit juga yang menggunakan gypsum sebagai plafon, pasalnya bahan yang tergolong mahal ini memiliki hasil yang lebih menarik untuk dekorasi rumah. Manfaat gipsum selain untuk kerajinan juga dapat dijadikan plafon yang awet.

Triplek untuk desain

Bagi anda yang sering bergerak di bidang arsitektural, sudah pasti megenal manfaat penting dari triplek. Ya, triplek seringkali dimanfaatkan untuk pembuatan model suatu bangunan atau yang sering dikenal dengan istilah maket. Pembuatan model bangunan ini dibuat dengan menggunakan triplek yang berukuran kecil dan juga tipis, lalu kemudian dipotong hingga pada akhirnya dapat membentuk suatu model konstruksi dari bangunan.

Triplek untuk rak lemari

Rak pada lemari dan juga laci merupakan pemanfaatan lainnya dari triplek. Dengan menggunakan triplek, saat ini, triplek memang sudah menjadi salah satu bahan yang umum digunakan untuk pembuatan rak pada lemari dan juga laci. Hal ini terjadi karena triplek merupakan salah satu jenis bahan kayu yang cukup kuat dan juga tahan lama apabila tidak terkena air. Karena itu, saat ini penggunaan triplek sangat marak untuk rak pada lemari dan juga laci.

Triplek untuk bangunan semi permanen

Selain itu, manfaat triplek lainnya adalah sebagai salah satu bahan utama dari bangunan semi permanen. Bahan bangunan semu permanen, seperti warung makan membutuhkan biaya yang sangat besar apabila harus dibangun dengan menggunakan batu bata. Karena itu untuk alasan efisiensi san juga penghematan biaya, bangunan semi permanen memanfaatkan triplek untuk pembuatannya, seperti pembuatan dinding, atap dan juga bagian pintu-pintu.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR