ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Genteng Beton Glassa Sekuat Genteng Keramik

Jumat , 18 Oktober 2019 | 10:21
Genteng Beton Glassa Sekuat Genteng Keramik
Genteng Beton Glassa (Net)

JAKARTA, ARAHPROPERTI.COM - PT Cengkareng Permai bekerja sama dengan Kubota Matsushita Exterior Works (KMEW) Jepang dalam pembuatan genteng berteknologi terbaru bernama Genteng GLASSA. Genteng GLASSA ini akan mengkombinasikan daya tahan dan kekuatan struktur dari genteng beton. Jenis teknologi yang digunakan yakni Continuous Line of Multiple Layers Inorganic Coating with Heat Treatments. Teknologi ini merupakan teknologi dari Jepang yang dipatenkan.

Glassa memiliki beberapa kelebihan dibanding genteng sejenis yang beredar di pasaran. Glassa dibuat dengan lapisan ceramic coating untuk mempertahankan estetika warnanya yang diklaim bisa mencapai 25 tahun. Hal ini dimungkinkan dengan menggunakan glassa coating line dengan teknologi continuous line of multiple layers organic coating with heat treatment. Dengan teknologi ini genteng Glassa disebut bisa memiliki keunggulan yang setara dengan genteng keramik.

Di Jepang KMEW merupakan satu-satunya pabrikan produk eksterior komprehensif yang menangani genteng, dinding eksterior, dan talang hujan. Perusahaan ini didirikan tahun 2003 yang merupakan joint venture (JV) antara perusahaan eksterior Kubota dan Panasonic (Matsushita).

Genteng Glassa memiliki dimensi 425×330 mm (4,6 kg/keping) dengan pilihan warna midnight black, grey metallic, dark brown, cool blue, dan konai grey dengan harga Rp100 ribuan/m2. Ketahanan warnanya digaransi selama 10 tahun tidak akan berubah. Untuk itu diberikan sertifikat garansi untuk developer yang akan diberikan lagi ke setiap unit rumah yang dibangun.

Kapasitas pabrik Purwakarta yang menjadi lokasi tempaan produk ini, untuk tahap awal 7.500 m2 per bulan dengan kapasitas maksimal mencapai 14 ribu m2.

Sedangkan market yang ditargetnya, menyasar segmen pasar di atas genteng beton, namun di bawah genteng keramik. sehingga bisa lebih kompetitif dan memberikan alternatif pilihan produk yang lebih baik untuk pasar Indonesia yang sangat besar.

Genteng beton dibuat menggunakan campuran semen dan pasir yang kemudian dikombinasikan dengan pigmen berwarna. Campuran tersebut kemudian diolah dalam ekstrusi tekanan tinggi dan dipanasi sehingga menghasilkan genteng beton yang berkualitas. Dulu genteng beton jarang ditemukan. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, kini proses produksi genteng beton menjadi semakin mudah dan murah sehingga makin diminati masyarakat.

Genteng beton sendiri dibagi menjadi dua tipe. Ada genteng beton gelombang dan genteng beton flat. Kedua tipe genteng ini memiliki daya tutup yang sama, yaitu 11 genteng per meter persegi. Dibandingkan dengan genteng berbahan dasar lainnya, genteng beton ini memiliki daya tahan kuat yang paling tinggi. Genteng yang satu ini memiliki tingkat efisiensi tinggi terhadap lingkungannya. Material ini mampu menahan beban berat dan tidak akan mudah retak.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR