ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Biar Produktif, Tiru Deh Ide Desain Interior Kantor di Dalam Rumah Ini!

Kamis , 17 Desember 2020 | 14:00
Biar Produktif, Tiru Deh Ide Desain Interior Kantor di Dalam Rumah Ini!
desain interior ruangan kerja memiliki implikasi besar terhadap produktivitas. (Finansialku)
POPULER

 

Mempercantik Ruangan Kerja

Kadang kala, seseorang yang merasa kurang produktif bukan lantaran dirinya lelah, melainkan karena mulai bosan dengan interior ruang kerjanya.

Kebosanan itu berlangsung lama dan tidak disadari, sehingga semacam tekanan kecil di alam bawah sadar.

Sama halnya dengan hunian, ternyata desain interior ruangan kerja memiliki implikasi besar terhadap produktivitas. Alih-alih mendekor ruangan menjadi formal dan kaku, saat ini banyak kantor yang menerapkan tata ruang kasual dan seperti rumah.

Hal itu dilakukan agar pekerja yang merasa berada di kantor, melainkan bekerja nyaman selayaknya di rumah. Lantas, jika harus WFH, apakah perlu mendekorasi ulang ruang kerja di rumah? tentu saja!

Ide-ide Desain Interior Kantor untuk Melejitkan Produktivitas

Ruangan kerja saat ini hanya dilihat dari segi kegunaannya, melainkan estetika.

Hal ini timbul karena banyak orang telah sadar bahwa otak manusia cenderung lebih luwes melihat bentuk visual yang indah.

Berikut rekomendasi desain interior ruangan kerja yang bisa kamu terapkan di rumah.

# 1. Mainkan Warna

Jangan takut untuk bereksperimen. Mainkan warna favoritmu agar nyaman ketika bekerja untuk waktu yang lama.

Tapi, meski begitu, kamu juga harus tetap memilih warna apa yang cocok. Jika memungkinkan, gunakan color theory agar spektrum yang kamu tabrakkan tidak berlaku kekanak-kanakan.

# 2. Jangan Monoton

Di berbagai film, kitd masih disuguhkan suasana kantor yang lengang dengan susunan meja kursi berderet. Maka, when works di rumah pun kita melakukan hal yang sama. Cukup dengan kursi formal dan meja.

Jangan terjebak dengan pakem. Mainkan perabot sesukamu. Pilihlah furnitur yang kasual dengan beberapa tanaman di atasnya. Beberapa ornamen etnik juga bisa ditambahkan agar tidak monoton.

# 3. Jendela Besar adalah Pertimbangan Bagus

Demi produktivitas yang baik, tak ada salahnya kamu mengganti salah satu sisi jendela di rumah dengan bukaan yang lebih besar. alih-alih menggunakan AC, kamu bisa merasakan sejuknya udara pagi atau justru merasa lebih baik karena dipengaruhi cahaya matahari.

[Baca Juga: 10 Inspirasi Interior Rumah Estetik yang Mudah Dilakukan Sendiri]

Seperti yang kita tahu, cahaya matahari pagi bauk untuk mengubah provitamin D kulit menjadi vitamin D. Vitamin tersebut berguna untuk mencegah Rachitis .

Dibanding lampu artifisial, cahaya matahari juga lebih cocok untuk kulit. Dengan begini, kamu tak hanya produktif, tetapi juga sehat secara bersamaan.

# 4. Tambahkan Alat Musik

Ada kalanya, ketika penat bekerja, kita butuh hiburan. Sedikit memainkan alat musik seperti gitar mungkin bisa membantu kita fokus kembali.

Beberapa lagu seperti Worth It dari Stars and Rabbit atau Mainkan Mimpi dari Banda Neira bisa membantu kembali semangat.

unnamed

# 5. Bubuhkan Quotes di Tempat yang Sering Dilihat

Meski klise, sebagian orang masih semangat saat membaca kalimat motivasi. Kalimat motivasi akan memberi semangat dan semangat untuk mereka sudah lelah bekerja.

Berikan warna yang tegas ke pigura atau font -nya. Biarkan setiap kata di dalamnya merasuk dan menjadi kekuatan baru untukmu.

# 6. Sentuhan Personal

Seorang mahasiswa psikologi dari University of Exter telah meneliti bahwa ada hubungan yang kuat antara personalisasi ruang kerja dengan kinerja seseorang. Mereka yang mendesain ruangannya tampaknya tampaknya lebih menghibur, bahagia, dan produktif.

# 7. Warna Hijau

Warna hijau tak pernah mati. Warna yang juga merupakan perwakilan semangat dari alam ini cocok digunakan pada area kerjamu.

Warnai cat dinding dengan hijau gelap. Lantas, beberapa peralatan berwarna serupa agar kesan alami tetap ada.


# 8. Memaksimalkan Penyimpanan dengan Kotak sederhana

Pekerjaan sering kali membuat orang-orang menyimpan banyak berkas penting dengan banyak kategori. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mengaplikasikan kotak dari bahan rotan atau plastik.

Kotak-kotak ini berfungsi untuk membedakan benda yang kamu punya berdasarkan kategorinya. Dengan begitu kamu tak akan pusing jika mencari sesuatu dari meja kerja.

4

# 9. Aplikasikan Lighting yang Sesuai

Jika kamu ingin mengubah suasana tanpa banyak mengganti benda-benda, menata ulang cahaya adalah pilihan cerdas. Kamu bisa menggunakan instalasi lampu estetik di langit-langit untuk membuat dirimu nyaman.

Sebaiknya, hindari penggunaan lampu meja karena berisiko tersenggol dan jatuh.

# 10. Gunakan Peredam Kebisingan

Suara kendaraan yang lalu lalang pasti membuat konsentrasi pecah. Solusinya, kamu bisa menggunakan peredam. Hal ini penting jika kebetulan orang yang suka bekerja dalam keheningan.

Sesuaikan dengan Dirimu

Buat dirimu nyaman ketika bekerja di rumah. jangan terpaku dengan desain kaku yang justru membuatmu lelah dan bosan. Memainkan sedikit warna dan perabotan tidak salah, bukan?

Aplikasi Finansialku memiliki berbagai fitur yang memungkinkan kamu untuk menggunakan fitur budgeting,pencatatan keuangan, fitur rencana keuangan seperti dana menikah hingga dana perjalanan, hingga fitur Finansialku check-up yang akan memberikan laporan tanpa memandang keadaan keuangan kamu.

Cocok banget deh untuk pekerja seperti kamu!

 

Penulis: Andre Fauzi – Finansialku

 

 

 

 

Editor : Farida Denura
KOMENTAR