ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Rumah Tetap Bersih dan Rapi saat Bulan Puasa

Senin , 13 Mei 2019 | 12:09
Rumah Tetap Bersih dan Rapi saat Bulan Puasa
Kerapihan rumah selama Ramadhan (Net)

JAKARTA, ARAHPROPERTI.COM - Kebersihan juga sebagian dari iman. Selam menjalan ibadah puasa, kebersihan dan kerapihan rumah juga harus diperhatikan. Jalani kebiasaan rutin ini, supaya rumah tetap terjaga kerapihannya dan anggota keluarga pun, tetap merasa betah di rumah.

Cuci semua piring setelah sahur
Sembari menunggu waktu subuh, Anda bisa menuntaskan pekerjaan mencuci piring. Dengan begitu, kitchen sink akan terlihat bersih dan tidak berbau selama Anda menjalankan ibadah puasa. Anda pun tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk mencuci piring saat sedang berpuasa.

Jangan tidur saat dapur kotor
Godaan untuk tidur saat perut penuh memang sulit untuk dilawan. Tapi jika Anda tidak ingin lelah karena harus merapikan dapur saat menjalani ibadah puasa, baiknya ubah kebiasaan tidur sehabis makan. Bersihkan dulu dapur setelah pulang tarawih. Dengan demikian, kotoran sisa dan peralatan memasak yang berantakan tidak akan mengganggu ibadah puasa Anda. Tuntaskan bersih-bersih dapur dengan mencuci semua piring setelah sahur, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Rapikan kamar sebelum sahur
Jika merapikan kamar atau tempat tidur biasanya dilakukan di pagi hari saat bagun tidur, maka selama bulam puasa, baiknya lakukan hal tersebut sebelum makan sahur. Itu karena Anda memang tidak dianjurkan untuk tidur di pagi hari atau setelah sahur. Dengan demikian, Anda juga bisa langsung beraktivitas atau bersiap untuk pergi kerja, tanpa harus merapikan kamar terlebih dulu.

Jangan menunda pekerjaan
Jangan menjadikan puasa sebagai alasan untuk menunda pekerjaan. Jika takut lelah karena melakukan berbagai pekerjaan rumah sembari berpuasa, maka lakukan pekerjaan itu di waktu-waktu khusus seperti sebelum tidur sehabis tarawih, atau sehabis sahur sembari menunggu azan subuh. Rumah juga jadi lebih rapi selama Anda menjalankan puasa.
Sementara jika menunda pekerjaan, tentu rumah akan terlihat lebih berantakan dibanding biasanya. Hal tersebut tentu akan mengganggu pemandangan karena terlihat kotor, penciuman karena menimbulkan bau, hingga akhirnya rumah jadi tidak nyaman ditempati. Ingat pula, puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan.

Buat rencana
Selalu membuat rencana ke depan dengan apa yang Anda ingin lakukan. Usahakan untuk selalu melibatkan keluarga dalam hal ini, khususnya dalam urusan menjaga kebersihan rumah. Jadi selain lebih mudah dilakukan, pekerjaan rumah pun tidak akan melelahkan meski dilakukan sembari menjalani ibadah puasa.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR