ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Begini Caranya, Agar Tempat Usaha Cepat Terjual

Jumat , 15 Maret 2019 | 14:52
Begini Caranya,  Agar Tempat Usaha Cepat Terjual
Strategi menjual tempat usaha (Net)

BERENCANA menjual tempat usaha yang dimiliki? Dalam kondisi seperti sekarang ini, menjual tempat usaha yang berkualitas, bisa dibilang susah-susah gampang. Berikut ada tujuh cara menjual tempat usaha secara efektif yang dapat digunakan.

A. Renovasi

Jangan lakukan renovasi terlalu banyak jika anda sedang memasarkan tempat usaha. Tujuan anda jual tempat usaha ialah untuk memperoleh uang, sedangkan renovasi disaat memasarkan tempat usahanya secara langsung akan memangkas keuntungan. Lakukan renovasi, tetapi tidak perlu berlebihan, cukuplah untuk membuat tempat usaha terlihat bersih dan menarik.

 B. Lokasi dan Lingkungan

Dikala memasarkan tempat usaha, Anda harus mengekspos lokasi dan fasilitas-fasilitas yang ada seperti misalnya lingkungan yang mendukung, berada di tempat yang strategis, ada sekolah, supermarket, dan lain-lain.

 C. Harga Kompetitif

Harga yang kompetitif amatlah penting, sebab harga di bawah harga pasar akan merugikan penjual, sementara harga di atas harga pasar membuat tempat usaha sulit terjual. Walaupun begitu, menentukan harga yang kompetitif bukanlah hal yang mudah. Anda harus memperoleh pandangan dan mengetahui harga tempat usaha di wilayah sekitar, lantas menempatkan harga yang kompetitif berdasarkan tempat usaha yang sudah atau sedang dijual. Dalam hal ini, agen tempat usaha bisa sangat membantu anda.

 D. Legalitas Surat

 Kelengkapan dan keabsahan surat-surat semacam Girik, Hak pakai, Hak Guna Bangunan mesti diperiksa. Baik pembeli dan penjual harus memahami perbedaan fungsi surat-surat tersebut. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan jasa notaris. Jika pemilik tempat usaha yang dijual sudah meninggal dunia, maka harus dibuatkan fatwa waris. Bila memiliki ahli waris lebih dari satu, maka akan sangat baik jika para ahli waris memberi kuasa kepada satu dari mereka sebagai perwakilan untuk memperlancar proses transaksi.

 E. Media Promosi

Memasang iklan di koran atau spanduk bukan lagi pemasaran yang optimal. Anda harus menyadari hal itu baik kapan dan di media mana yang tepat untuk beriklan. Sektor tempat usaha juga memiliki surat kabar sendiri dan merupakan media yang baik untuk beriklan. Namun, belakangan media berbasis internet pula sudah semakin marak dipakai untuk memasarkan tempat usaha.

 F. Teknis Pembayaran

Teknis pembayaran kerap menjabat masalah, sampai-sampai bahkan membuat transaksi batal. Untuk mencegah terjadinya masalah dalam pembayaran, sebaiknya gunakan bantuan dari notaris untuk menciptakan perjanjian proses pembayaran, seperti berapa kali dan kapan pembayaran bisa dilakukan, serta denda yang dikenakan bilamana salah satu pihak melanggar kesepakatan.

G. Jasa Agen Tempat usaha

Kalau penjual merasa kurang paham mengenai prosedur penjualan tempat usaha, sebaiknya gunakan jasa agen tempat usaha untuk menentukan harga yang kompetitif, metode pemasaran yang optimal, & kerjasama dengan perbankan guna mendapatkan fasilitas KPR.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR