ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Hal-hal Penting yang Perlu Dilakukan Agen Properti

Kamis , 07 Februari 2019 | 08:21
Hal-hal Penting yang Perlu Dilakukan Agen Properti
Tips untuk Agen Properti (Tips)

KETIKA memutuskan untuk menjadi agen properti, beberapa hal perlu menjadi perhatian sebagai pelanggeng profesi broker. Poin-poin ini berkaitan dengan dunia keagenan dan menunjang bagi kelancaran dalam berbisnis atau bertransaksi.

Rajin mencari Informasi

Memang sudah seharusnya seorang agen mencari informasi sebanyak-banyaknya. Semakin banyak informasi yang didapatkan mengenai properti yang akan dijual, disitulah peluang untuk mencari calon pembeli dan menyambungkan dengan pemilik aslinya. Salah satu sumber informasi jual beli properti yang dapatt diakses adalah iklan barus pada koran. Dari situ, bisa didapatkan banyak informasi untuk selanjutnya ditindaklanjuti sampai berhasil. Perhatikan juga iklan-iklan yang bertuliskan BU (Butuh Uang). Nah, iklan-iklan seperti itu biasanya lebih memberikan peluang besar untuk melakukan negosiasi dan penawaran-penawaran yang menarik. Atau, jika iklan dengan tulisan "Dijual cepat karena pindah tugas atau akan pindah ke luar kota," maka sebaiknya Anda segera melakukan langkah-langkah cepat agar tidak kedahuluan orang lain untuk menghubungi si pemilik.

Memanfaatkan Iklan Gratisan Ataupun Iklan Berbayar

Saat ini, banyak media yang dapat dijadikan sarana untuk promosi maupun bertukar informasi, mulai dari media yang seratus persen gratis, hingga yang berbayar. Anda dapat menafaatkan semua itu sebaik mungkin.

Mencari Calon Pembeli

Mencari calon pembeli mutlak harus dilakukan. Jika tidak, maka Anda tidak akan mendapatkan keuntungan. Pada poin pertama, Anda diharuskan mengadakan kesepakatan dengan pemilik properti terutama soal harga yang di-mark-up. Nah, tugas Anda selanjutnya adalah mempromosikan properti tersebut melalui media atau apa pun, sehingga calon pembeli bisa mengetahui iklan yang Anda pasang. Berikutnya, Anda tinggal menunggu respons dari calon pembeli. Jika dalam beberapa waktu belum uga ada pembeli yang berminat, tugas Anda adalah melakukan promosi lebih getol lagi. Barangkali, iklan yang dibuat sulit diakses oleh masyarakat luas atau sulit dijangkau.

Melakukan Promosi

Teruslah melakukan promosi sampai calon pembeli itu menghubungi Anda dan menyampaikan maksudnya. Solusi lain, Anda bis mengirim SMS berantai. Barangkali, justru orang-orang terdekat membutuhkan properti yang ditawarkan. Bisnis tidak mengenal istilah saudara atau teman dekat. Sebab, orientasi bisnis adalah keuntungan. Namun, jika kebetulan calon pembelinya adalah teman dekat atau saudara sendiri, sebaiknya mark-up harganya jangan tinggi-tinggi, yang penting Anda mendapatkan keuntungan, meskipun sedikit.

Melakukan Pendekatan

Pendekatan dilakukan bukan hanya untuk menggaet pembeli yang diincar. Dalam dunia bisnis properto seorang agen harus gencar melakukan pendekatan agar seorang agen harus gencar melakukan pendekatan agar calon pembeli tidak kabur. Galilah informasi sebanyak-banyaknya tentang keinginan calon pembeli supaya dapat mencarikan solusi dan alternatif yang dapat Anda tawarkan. Mulailah dengan meneleponnya, mulai dari sekedar basa-basi dan bertanya kabar hingga menyampaaikan prospek melakukan pendekatan. Semakin intens pendekatan yang Anda lakukan, calon pembeli akan merasa diperhatikan terkait dengan kebutuhan-kebutuhannya.

Sabar dan Tekun

Untuk menjadi agen properti, Anda harus sabar dan tekun. Untuk sampai pada proses deal harga, terkadang dibutuhkan waktu lumayan lama antara 2-3 bulan sejak mulai dipasarkan. Namun, bisa juga waktunya lebih cepat jika memang propertinya tidak tersangkut kasus dan hal lain yang menghambat.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR