ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

6 Cara Jitu Pilih KPR yang Tepat

Senin , 15 Oktober 2018 | 10:00
6 Cara Jitu Pilih KPR yang Tepat
Pilih masa tenor yang sesuai dengan kemampuan (Net)

SEIRING pesatnya pertumbuhan penduduk usia produktif dan positifnya pertumbuhan ekonomi mendorong tingginya permintaan akan tempat baik rumah maupun apartemen. Pembiayaan melalui KPR menjadi salah satu alternatif. Bagaimana memilih KPR yang tepat di tengah gencarnya persaingan bunga KPR antar bank?

Untuk mendapatkan produk KPR yang Anda pilih benar-benar membantu Anda saat ini dan Anda terhindar dari masalah di kemudian hari, berikut adalah beberapa tips dalam memilih produk KPR.

Identifikasi kebutuhan Anda. apakah untuk investasi dimana Anda mengharapkan keuntungan jangka panjang, membeli untuk rumah pertama ataukah membeli untuk rumah kedua, karena anak-anak Anda sudah cukup besar dan membutuhkan ruang yang lebih nyaman?

Kenali penawara produk KPR. Tahukah Anda bahwa KPR tidak hanya satu macam saja, namun sudah berevolusi sedemikian rupa sehingga disesuaikan dengan kebutuhan Anda?

Dapatkan informasi bunga pinjaman yang Anda tanggung selama masa tenor. Ketika Anda mengajukan pembiayaan melalui lembaga keuangan, terdapat 2 faktor pinjaman yaitu pokok pinjaman atau jumlah uang yang Anda pinjam untuk membeli properti tersebut dan bunga pinjaman. Biasanya, bunga pinjaman ini yang menjadi misteri setelah masa fix karena biasanya konsumen kurang aktif mencari informasi mengenai hal ini, disamping itu bunga juga bisa naik turun mengikuti suku bunga acuan bank yang berlaku saat ini.

Kenali komponen biaya KPR lainnya. Setelah pinjaman dan tanggungan bunga, umumnya biaya lain yang akan timbul atas KPR tersebut adalah sebagai erikut: biaya provisi, biaya administratif, biaya asuransi jiwa dan kebakaran hingga biaya notaris. Langkah selajutnya yang harus Anda ambil adalah cari bank yang menawarkan promo biaya-biaya KPR tersebut.

Pilih masa tenor yang sesuai dengan kemampuan Anda. Hal ini terkait dengan besar-kecilnya jumlah cicilan yang Anda bayar. Semakin panjang tenor yang Anda pilih maka semakin kecil cicilan yang Anda bayar setiap bulannya, juga sebaliknya. Tentunya Anda tidak ingin terjebak membayar cicilan KPR dengan begitu besar hingga mengganggu cash-flow bulanan Anda atau sebaliknya membayar cicilan KPR terlalu lama.

Pilih Promo KPR yang menguntungkan. Lagi-lagi memilih KPR bukan hanya soal bunga, tapi juga Anda dituntut agar lebih jeli dan bijak untuk bisa melihat promo apa saja sih yang sedang ditawarkan. Pilihlah produk KPR yang memang menguntungkan Anda dengan tambahan promonya, misalkan ada promo bandling dengan developer maupun furnitur. Sehingga selain Anda mendapatkan bunga rendah, Anda juga mendapatkan keuntungan tambahan dari promo yang ditawarkan.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR