ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

BJB Tawarkan Kredit Rumah kepada TKK Bekasi

Jumat , 13 April 2018 | 22:39
BJB Tawarkan Kredit Rumah kepada TKK Bekasi
Ilustrasi: Logo BJB (sindonews.com)

BEKASI, ARAHKITA.COM - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJB) Kota Bekasi, Jawa Barat, menawarkan penyaluran kredit pemilikan rumah bersubsidi bagi tenaga kerja kontrak di lingkup pemerintah daerah setempat.

"Kami ingin TKK ini bisa memiliki rumah sendiri, sehingga tidak mengontrak, kata Pemimpin Cabang BJB Bekasi, Imam WP Sumadhio di Bekasi, Jumat (13/4/2018).

Menurut Imam, KPR tersebut diberikan melalui skema fasilitas likuiditas pembiayaan dan perumahan (FLPP) yang memungkinkan tenaga kerja kontrak (TKK) bisa bebas memilih rumah yang dibangun dari pengembang.

Adapun angsurannya akan dibayarkan secara langsung melalui Bank BJB melalui mekanisme potong gaji. "Angsuran kredit perumahan itu nantinya dibayar oleh Bank BJB melalui potongan honor pegawai setiap bulan. Sebab honor mereka ditransfer melalui BJB," katanya.

Dengan angsuran yang dibayarkan melalui potongan gaji per bulan itu, kata dia, maka dipastikan angsuran dapat berjalan dengan lancar sehingga tidak ada risiko rumah untuk dilelang kembali akibat tunggakan.

"Para pegawai yang mengajukan fasilitas ini pun cukup mudah. Tidak ada jaminan yang membebankan mereka, Untuk jaminannya, sertifikat rumah yang dibeli dan rekomendasi dari dinas tempat mereka kerja," katanya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzi, menyambut baik gagasan itu, sebab jumlah guru non Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Bekasi saat ini sebanyak 5.000 pegawai dan mayoritasnya belum memiliki rumah tinggal.

"Dari jumlah tersebut, hampir separuhnya belum memiliki rumah. Mereka rata-rata mengontrak atau indekos," katanya.

Menurutnya, Disdik Kota Bekasi telah mengajukan kepada BJB untuk memberikan fasilitas kredit rumah murah bagi para guru non ASN di perumahan Abdi Negara Residence Cibitung, Kabupaten Bekasi.

"Saat ini sudah ada 300 guru non ASN yang mengajukan kredit rumah ini," kata Ali sebagaimana dilansir Antara.

Ali menambahkan, pada tahap awal pengembang perumahan tersebut akan membangun rumah sebanyak 400 unit dengan angsuran Rp900.000 per bulan untuk tipe 30/60 dengan dua kamar dan tipe 30/60 1 kamar.

Editor : Farida Denura
KOMENTAR