ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Begini Manfaat Smart City

Rabu , 12 Juni 2019 | 10:26
Begini Manfaat Smart City
Konsep Smart City (Net)

JAKARTA, ARAHPROPERTI.COM - Pengembangan dan pengelolaan kota berbasis TIK atau yang dikenal dengan istilah smart city (kota cerdas) menjadi keniscayaan, guna memudahkan aktivitas warga dan meningkatkan kualitas hidupnya.

Menurut Iwan Suprijanto (47), Direktur Bina Penataan Bangunan, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), smart city adalah kota yang dapat mengelola semua sumber dayanya (sosial, ekonomi, SDM, pengetahuan, teknologi, kultural, agama, dan lain-lain) secara efektif dan efisien untuk menyelesaikan berbagai persoalan, menggunakan solusi inovatif, terintegrasi, dan berkelanjutan berbasis TIK yang kian canggih dan efisien. Metode konvensional tidak memadai lagi menyelesaikan persoalan karena kian padatnya kota dan kompleksnya masalah.

Selain itu, teknologi digital ini membangun efisiensi. Krisisnya kemacetan lalu lintas akibat banyaknya pergerakan untuk keperluan ini dan itu. Dengan ICT, pergerakan itu bisa dikurangi drastis. Misalnya, dengan m-banking, e-commerce, online single submission (OSS), dan sejenisnya.

Jadi, kota cerdas itu respon terhadap peradaban yang sudah pakai smartphone semua. Pendekatannya multidimenasi dan terintegrasi. Nanti kalau sudah satu ID (identitas), itu bisa dipakai untuk semua urusan. Semua data sudah ada di dalamnya. Mulai dari identitas diri, tempat tinggal, riwayat pendidikan, pekerjaan, kesehatan, keluarga, pemilikan aset, jaminan sosial, rekening bank, pembayaran aneka tagihan, pajak, dan lain-lain. Dengan cara itu orang tidak perlu banyak mondar-mandir, antri, dan seterusnya.

Dampak lebih jauh, memangkas ekonomi biaya tinggi, polusi, konsumsi energi, jumlah aparat pemerintah, dan seterusnya. Contoh sederhananya, orang pengen gado-gado tidak perlu keluar bensin (pakai mobil keluar rumah), bayar tol, hanya untuk makanan Rp23 ribu. Tinggal buka aplikasi, pilih makanan yang diinginkan, makanan itu pun diantar. Kalaupun harus berkendara keluar rumah, dengan aplikasi di smartphone, kita bisa tahu jalan yang padat dan lancar, sehingga perjalanan lebih efisien.

Disebutkan Iwan pula, developer yang menerapkan konsep smart city di proyeknya mendapatkan manfaatnya juga. Sistemnya bisa jadi satelit dari sistem utama (di wilayahnya). Dia menyesuaikan dengan sistem induknya. Juga terkoneksi. Misalnya, sistem keamanannya terkoneksi dengan kantor polisi dan dinas pemadam kebakaran. Penghuni bisa pantau rumahnya dari smartphone lewat CCTV. Kalau ada apa-apa di rumahnya, bisa langsung klik ke kantor polisi atau dinas terkait. Listrik dan piranti elektroniknya lupa dimatikan, bisa dimatikan dari jauh melalui aplikasi di smartphone. Memang, lebih baik membangun baru, mudah mengembangkannya. Itu bisa jadi nilai jual proyek real estatenya.

 

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR