ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memilih Teralis

Kamis , 07 Maret 2019 | 13:14
Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memilih Teralis
Teralis apik dan menarik (Net)

JAKARTA, ARAHPROPERTI.COM - Teralis berfungsi sebagai salah satu dekorasi interior rumah, dengan memiliki motif yang menarik dan unik maka teralis jendela tersebut akan membuat tampilan dalam rumah anda semakin cantik serta mewah.

Teralis berfungsi pula sebagai keamanan rumah. Dengan menggunakan teralis pada jendela rumah ataupun kamar anda maka akan membuat penjahat ataupun pencuri yang ingin masuk ke dalam rumah anda akan kewalahan karena tidak dapat masuk melalui jendela rumah.

Selain itu, sebagai sarana pertukaran udara sehingga kondisi dalam rumah tetap bersih. Dan yang paling penting, teralis berfungsi sebagai pelindung kaca. Dengan menggunakan teralis minimalis maka saat ada anak kecil yang bermain di dalam rumah akan membuat kaca jendela lebih aman dari risiko mengalami keretakan ketika terkena lemparan mainan dari dalam atau sebagainya.

Dengan beragam fungsi ini, maka keberadaan teralis memang sangat dibutuhkan apalagi bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan yang cukup ramai. Namun sebelum memilih teralis, ada baiknya diperhatikan pula beberapa hal ini. Misalnya, desain yang cocok dengan konsep rumah, jenis material, hingga warna, dan motifnya.

Nah, berikut ini penjabaran singkat mengenai hal-hal yang patut dipertimbangkan sebelum memesan teralis jendela.

1. Ukuran Teralis VS Jendela

Sebelum memesan, pastikan terlebih dulu besaran ukuran masing-masing jendela yang ada di rumah. Untuk menentukannya, ukur lebar dan tinggi dari jendela tersebut. Jika khawatir keliru dengan hasil pengukuran sendiri, kamu dapat meminta bantuan dari tukang pembuat teralis untuk melakukannya. Tanyakan pula hasil pengukuran yang telah mereka lakukan sebagai acuan dan peganganmu dalam membuat teralis. Sementara itu untuk ukuran bahan, umumnya teralis menggunakan ukuran besi berdiameter 1 sentimeter dan plat 1 inchi. Diameter tersebut dapat ditambah besarannya jika kamu ingin membuatnya lebih besar atau lebih kokoh, sehingga pencuri sulit membobolnya.

2. Bahan Material Teralis Jendela

Kualitas teralis dapat ditentukan dari jenis bahannya. Jenis-jenis bahan yang sudah sering digunakan dalam membuat teralis dan terbukti kuat adalah besi tempa, plat, dan behel (bulat, ulir, dan kotak). Pemilihan bahan-bahan ini juga dapat disesuaikan dengan jenis dan desain rumahmu. Umumnya rumah berdesain minimalis modern kerap menggunakan bahan besi behel kotak. Teralis besi behel sendiri memiliki bobot yang lebih ringan. Di sisi lain ia pun memancarkan gaya yang sesuai dengan konsep minimalis. Sementara itu, bila rumah yang dimiliki mengusung desain klasik, gunakan jenis besi tempa dan plat yang dapat dibentuk sedemikian rupa dan tetap kuat.

3. Desain dan Motif Teralis

Seiring berkembangnya zaman, desain teralis tidak melulu berbentuk kotak-kotak atau garis-garis horizontal yang monoton. Para pengrajin las teralis jendela pun sudah paham bahwa masyarakat Indonesia menjadikan teralis sebagai salah satu elemen dekorasi. Mereka kerap menambahkan aksen-aksen lain seperti bentuk bulat, persegi, atau segitiga pada alur-alur teralis. Ada pula yang berbentuk bunga dan lain-lain sesuai yang diinginkan. Tentunya semakin rumit dan makin banyak detil sebuah teralis, makin mahal pula ongkos pengerjaannya. Maka perlu juga menyesuaikan budget dengan jenis desain serta motif teralis untuk jendela rumah.

4. Pulasan Warna Teralis Jendela

Dulu, teralis identik dengan warna-warna hitam, emas, perak, putih, dan perunggu kecoklatan. Namun, sekarang ini kamu bisa request warna sesuai keinginan dan kebutuhan. Sebelum memesan, perhatikan dulu konsep, warna dinding, dan warna-warna yang mendominasi interior rumah. Dengan begitu, dapat dibuat suatu keselarasan yang apik antara teralis dan tampilan lainnya.

5. Memilih Teralis untuk Pintu

Selain jendela, Anda pun bisa memasangkan pintu rumah dengan teralis. Tidak ada yang berbeda dalam pemilihan bahan, desain dan motif, serta warna teralis pintu dengan jendela. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah ukurannya yang lebih panjang. Ini dapat dilakukan jika pintu rumah tersebut menggunakan bahan yang terbuat dari kaca.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR