ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Aktivitas Akhir Pekan, Mengecat Rumah !

Sabtu , 26 Januari 2019 | 18:49
Aktivitas Akhir Pekan,  Mengecat Rumah !
Akitivitas mengecat yang menyenangkan (Net)

HASIL pengecatan yang baik tak hanya ditentukan oleh kualitas cat, tetapi juga tak terlepas dari peralatan yang digunakan. Roller sering dijadikan pilihan saat akan mengecat bidang lebar seperti dinding dan papan. Namun, Anda harus tahu bahwa memilih roller cat pun tak bisa sembarangan. Banyaknya pilihan roller cat di pasaran kerap membuat bingung. Berikut kiat memilih roller agar hasil pengecatan memuaskan.

Pilih bahan

Sebelum membeli, cermati bahan brush roller cat. Perhatikan daya serap dan karakteristik pola yang dihasilkan bulu roller. Umumnya bahan roller polyster memiliki kualitas yang paling rendah dibandingkan bahan lain. Bahan polister cenderung banyak memercikkan cat, seratnya pun mudah terlepas sehingga hasil pengecatan tidak maksimal. Sementara salah satu bahan terbaik yaitu roller bulu domba (wool). Bahan wool mampu menyerap cat lebih banyak dan jarang memninggalkan bekas atau percikan.

Sesuaikan Ukuran

Sesuaikan ukuran dan bahan dasar dengan jenis pekerjaan yang akan dilakukan.  Anda dapat memilih roller tipis, umumnya setebal1/4 inci, berbahan spons untuk menghasilkan cat glossy atau semi-gloss. Jika ingin mengecat dinding bertekstur kasar atau beton ekspos, Anda dapat memilih roller setebal 1 inci.

Jenis roller
Pilih jenis roller sesuai dengan permukaan yang akan dicat. Roller bergelombang untuk mengecat pilar bergelombang, roller bulat untuk mengecat bagian sudut dan permukaan yang sempit, roller kecil untuk mengecat permukaan yang kecil/sempit, roller busa untuk mengecat besi dan railing tangga, roller radiator untuk mengecat radiator atau bagian belakang toilet, dan roller motif untuk menghasilkan motif pada dinding.

Gagang roller
Hindari memilih pegangan roller yang menggunakan sekrup untuk menahan roller karena mudah rusak. Pilihlah roller gagang berupa roller tube dengan kaitan 3-5 batang kawat dari ujung ke ujung. Batang-batang kawat ini dapat menahan roller dengan baik, mendukung putaran, dan membuatnya awet dipakai.

Merk Cat Tembok Murah Tapi Bagus dan Tahan Lama

Merk Cat Tembok Murah – Cat tembok merupakan salah satu unsur penting dalam menghasilkan keindahan desain interior maupun eksterior sebuah bangunan ataupun ruang terbuka. Cat berfungsi memberikan sentuhan warna yang akan menghidupkan tempat tersebut. Sebab itu, memilih cat tembok pun tidak bisa sembarangan, karena jika salah, hasilnya akan menjadikan tempat itu terlihat suram.

Banyak sekali merk cat tembok yang beredar di pasaran. Harga, kualitas, serta pasarnya pun berbeda-beda. “Ada harga, ada kualitas” merupakan prinsip yang begitu melekat pada masyarakat, padahal sebenarnya banyak pula cat tembok dengan harga terjangkau yang bagus dan bahkan awet digunakan seperti halnya merk-merk premium.

Cat tembok kelas menengah merupakan pilihan terbaik bagi yang menginginkan cat berkualitas bagus serta tahan lama namun dengan harga yang ramah di kantong. Sektor cat ini bahkan digeluti pula oleh beberapa merk cat premium yang mengharapkan produknya dapat menjangkau semua kalangan. Berikut ini merk cat kelas menengah di pasaran :

1. Nippon Super Vinilex Dan Vinilex (5000)

Nippon merupakan sebuah pabrikan cat asal Jepang yang cukup familier pada konsumen Indonesia. Sebagai perusahaaan cat yang menduduki peringkat ketujuh terbesar di dunia, kualitas cat produksi Nippon Paint tidak perlu lagi diragukan. Resmi berdiri tahun 1881, Nippon Paint yang dahulu hanya menargetkan pasar premium kini melebarkan sayapnya ke sektor medium. Nippon Super Vinilex dan Vinilex (5000) merupakan item kelas menengah produksi Nippon yang paling populer sekaligus menjadi primadona. Hasil pengaplikasian cat ini menyebar merata dan mengering dengan sempurna, sehingga ketika diraba dengan tangan hasilnya lumayan halus, pun menghasilkan warna yang memberikan kesan hidup dan segar. Sangat memuaskan.

2. Catylac

Merk ini merupakan produk dari perusahaan cat terkenal asal Australia, yakni Dulux. Walaupun dikenal sebagai pabrikan asal negeri kanguru tersebut, sebenarnya Dulux sendiri bermula di Inggris Raya dengan nama DuPont dan ICI. Hingga kemudian mulai berkembang ke seluruh dunia dan mendirikan perusahaan independen di Australia dengan merk dagang tersebut.
Catylac sendiri adalah produk kelas menengah dari Dulux yang mana untuk produk dengan label Dulux dikhususkan pada kelas premium. Catylac terkenal dengan warna-warna cerah dan menghasilkan sentuhan akhir doff atau matt. Dari segi harga sendiri relatif lebih murah dibandingkan Nippon Super Vinilex dan Vinilex (5000).

3. Avitex

Sebuah produk lokal asli Indonesia yang cukup menggigit. Avitex diproduksi oleh Avian Paint yang merupakan pabrik cat milik Indonesia dan pabrik produksinya berada di Sidoarjo, Jawa Timur. Penyebaran produknya kini telah merata di seluruh pelosok nusantara dengan dibangunnya pabrik kedua dan ketiga di Banten dan Medan.
Sebagai produk asli negeri sendiri, kualitas cat Avitex tidak kalah dengan merk cat impor. Produk Avitex dikenal sangat ramah lingkungan, sehingga bebas 100% dari merkuri yang berbahaya. Ketika diaplikasikan, cat Avitex menghasilkan dasar halus serta ketajaman warna yang cantik. Ditambah lagi, ketahanannya pun telah teruji. Harga pun sangat terjangkau.

4. Paragon

Merk cat nasional ini diproduksi oleh PT Tunggal Djaja Indah yang berpabrik di Surabaya, Jawa Timur. Perusahaan yang acap kali menjadi rival berat Avian Paint ini pada tahun 2012 berhasil meraih penghargaan Superbrand yang membuktikan kualitas cat produksinya. Saat ini, perusahaan merambah pasar premium setelah lama bermain di kelas menengah.
Paragon paling populer dengan kualitas cat putihnya yang tahan lama dan cantik. Selain digunakan untuk dinding, cat putih ini sering diaplikasikan untuk langit-langit ruangan. Selain warna putih, Paragon juga unggul untuk cat warna hitam. Sehingga merk ini dikenal dan direkomendasikan sebagai andalan dalam warna-warna netral.

5. Envitex
Diproduksi oleh PT Indaco Warna Dunia, produk lokal yang satu ini mungkin masih asing di telinga konsumen dibandingkan dua produk lokal lain, yaitu Avitex dan Paragon. Meski demikian, kualitas Envitex cukup bagus dari standar ketahanannya. Permasalahan yang dimiliki hanya pada daya tutupnya yang kurang, sehingga hasil akhir cat kurang halus.

6. Propan
Merk dagang ini dimiliki PT Propan Raya ICC yang berlokasi di Jakarta. Lebih dikenal sebagai merk untuk cat kayu, faktanya Propan pun memiliki produk untuk cat tembok eksterior dan interior. Dengan kualitas yang bagus dan standar internasional, cat ini menjadi salah satu cat kelas menengah yang murah dan sangat populer.

Nah, kini Anda bisa memilih jenis dan merk cat apa yang akan digunakan untuk memperindah ruang dan rumah Anda. Selamat mencoba!

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR