ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Mengenal Cat Pelapis Anti Bocor

Selasa , 13 November 2018 | 09:32
Mengenal Cat Pelapis Anti Bocor
Mengatasi kebocoran (Net)

UNTUK mempersiapkan rumah dari kebocoran di musim hujan ini sudah seharusnya melapisi atap rumah dengan cat anti bocor. Khususnya dengan menggunakan cat pelapis atap bocor yang berkualitas.

Bahan baku waterproof dapat dibagi dalam empat golongan: polimer/akrilik, semen (cementitious)/cairan aditif, membran, dan bitumen (aspal). Bentuknya bisa berupa pasta yang tinggal dikuaskan laiknya cat tembok; serbuk dan cairan aditif atau salah satunya; bisa juga lembaran (sheet).

Polimer/akrilik

Yang paling populer dan praktis aplikasinya, tinggal dikuas atau di-roll ke bidang yang ingin dilapisi adalah waterproof berbasis polimer/akrilik. Ini bahan sejenis plastik berbentuk pasta yang elastis. Polimer lebih elastis daripada akrilik. Karena itu lebih banyak dipakai untuk waterproof. Sedangkan akrilik lazim digunakan untuk bahan cat tembok (dekoratif).

Elastisitas ini penting karena bangunan memuai dan menyusut. Dengan bahan yang elastis, lapisan waterproof akan mengikuti pemuaian/penyusutan itu dan tidak getas sehingga bidang yang dilapisi tetap tertutup. Sebagian produk waterproof berbasis polimer/akrilik hanya direkomendasikan untuk tembok atau yang sejenis. Yang lain seperti Aquaproof diklaim kuat juga diaplikasikan di permukaan kayu, kaca, plastik, polikarbonat dan lain-lain.

Namun, apapun mereknya waterproof berbasis polimer/akrilik hanya layak untuk melapisi area yang dilalui atau suka terkena air dan jarang dilintasi. Jadi penggunaannya tidak untuk bidang yang terus menerus terendam air seperti bak mandi dan kolam renang.

Semen/cairan aditif

Waterproof ini biasanya terdiri dari bubuk dan cairan penguat (aditif) yang dicampur dengan air dan semen sebelum diaplikasikan. Atau bisa juga hanya berupa serbuk atau cairan yang dicampur dengan semen dan air. Fungsinya sama: membuat beton lebih solid dan kedap air karena bahan waterproof sudah dicampur sejak awal sehingga menjadi satu kesatuan yang homogen dengan adukan semen.

Karena itu waterproof ini paling cocok untuk bidang rawan genangan dan selalu terendam air seperti kolam. Aplikasi sangat disarankan pada masa konstruksi kendati bisa juga pasca konstruksi.

Damdex adalah contoh waterproof berbasis semen yang hanya berupa cairan aditif. Komposisi adukannya: satu bagian Damdex dicampur dengan dua bagian semen dan satu bagian air, baru diaplikasikan.

Sementara Aquaguard, Asanaproof, Pentens, Supercement dan Lemkra adalah contoh-contoh waterproof berbasis semen yang terdiri dari bubuk dan cairan aditif. Bubuk dan cairan dicampur dengan semen dan air, lalu diaplikasikan dengan kuas, roll atau roskam baik untuk bidang datar maupun vertikal.

Membran

Waterproof  berjenis membran memiliki bentuk lembaran. Sebenarnya, ada pula yang dijual dalam bentuk gulungan. Baik lembaran maupun gulungan, Anda akan menemukannya  berpermukaan halus, berlapis pasir, serta “waterproofing granule” dengan permukaan berlapis batu.

Jika dilihat dari material pembuatnya, akan ditemukan pelapis air fiber yang hanya terdiri atas satu lapisan. Karena hanya satu lapis, maka penahan air jenis ini relatif mudah sobek. Sementara itu, ada pula yang berbahan poliester. Dibandingkan dengan fiber, jenis ini relatif lebih kuat.

Pemasangan waterproof membran dapat diaplikasikan pada permukaan yang bocor dengan cara dipanasi, diolah terlebih dahulu dengan lapisan perekat, atau bahkan hanya tinggal ditempel.

Bitumen

Dibanding waterproof berbahan polimer/akrilik dan bubuk/cairan aditif, waterproof berbasis aspal lebih terbatas pilihannya. Beberapa di antaranya adalah Flinkote, Pentens dan Bituthene yang didistribusikan PT Prokon Bangun Mitra Sukses. Biasanya waterproof ini diproduksi perusahaan minyak bumi. Flinkote misalnya, adalah produk waterproof keluaran Shell.

Untuk menjamin pelapisan yang optimal, aplikasi juga disarankan oleh yang ahli. Karena itu Flinkote, Pentens dan Bituthene dijual berikut pemasangan dengan minimal order 100 m2.

Waterproof bitumen tersedia dalam bentuk pasta dan membrane sheet (gulungan) dengan ukuran sekitar 1 x 20 m dan tebal 1,5 mm. Yang berupa membran disebut juga self adhesive membrane sheet karena aplikasinya tinggal ditempel seperti stiker. Ada juga yang perekatannya dengan dibakar. Ukurannya lebih tebal, antara 3 – 4 mm. Beberapa kalangan mengklaim sistem bakar lebih kuat merekat.

Salah satu contoh produk yang populer dipakai untuk menangkal kebocoran adalah Aquaproof. Aquaproof merupakan cat pelapis anti bocor yang bersifat thixotropic berbahan dasar polimer sintetis yang dirancang untuk melapisi atap dan dinding bagian luar yang membutuhkan pelapis anti boco yang dekoratif dan handal. Aquaproof biasa digunakan untuk wuwungan, dinding dan façade bagian luar, dak beton dan talang beton, serta atap asbes atau seng.

Beton mix merupakan cairan berwarna kekuningan yang sangat berguna untuk meningkatkan kualitas adukan beton, sehingga mempermudah pengerjaan dan menghasilkan beton bermutu tinggi.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR