ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Ciamiknya Keramik Bikin Ruangan Apik dan Resik

Kamis , 27 September 2018 | 19:49
Ciamiknya Keramik Bikin Ruangan  Apik dan Resik
Salah satu contoh jenis keramik granit alam (Net)

KESAN mewah dan resik ruangan, tidak hanya bergantung pada hiasan interiornya. Materi dasar, semisal lantai rumah, juga bisa memberi nuansa mewah, indah, dan sedap dipandang mata.

Jenis lantai yang bisa diandalkan adalah berbahan keramik yang kini makin banyak dipilih untuk mempercantik keindahan ruang. Istilah keramik sejatinya berasal dari kata keramikos dalam bahasa Yunani. Yaitu sebuah bentuk atau wujud tanah liat yang proses pengerasannya menggunakan metode pembakaran.

Seiring berjalannya waktu, dan seiring desain renovasi rumah yang inovatif, keramik telah berkembang dan terbagi dalam beberapa jenis. Mulai dari jenis kualitas, ciri-ciri fisiknya dan masih banyak lagi.

Sayangnya, tak sedikit pemilik rumah yang paham betul bagaimana cara membedakan jenis-jenis keramik pada umumnya. Berangkat dari kasus tersebut, kami telah menyimpulkan beberapa jenis keramik yang lazim ada di pasaran. Berikut ulasannya.

1. Keramik Biasa

Keramik jenis ini begitu laris di pasaran. Pasalnya, jumlah produksi keramik biasa memang jauh lebih tinggi daripada keramik jenis lainnya. Sehingga tidaklah sulit untuk memperolehnya di pasaran, meski di toko bangunan kecil sekalipun. Ukuran keramik biasa berbeda-beda. Mulai dari 30 cm persegi sampai 80 cm persegi. Bahkan ada juga keramik biasa yang memiliki ukuran memanjang, yakni sekitar 15 x 30 cm.

2. Keramik Terazzo

Era 70-an merupakan puncak keemasan dari keramik terazzo. Dahulu masyarakat menyukai keramik ini karena menampilkan kesan tradisional. Terlepas dari rumah-rumah bergaya tempo dulu yang hingga saat ini masih mempertahankan “nuansa jadul” dalam desain interiornya. Trend terazzo kini sudah mulai ditinggalkan.

Walau begitu, keramik ini ternyata masih tersedia di pasaran. Tentunya dengan harga dan ukuran yang beragam. Mulai dari ukuran 20×20 cm sampai 60×60 cm. Beberapa tempat umum seperti villa, cafe dan rumah makan bahkan masih menggunakan keramik terazzo untuk menguatkan kesan jadul khas tempo dulu.

3. Keramik Granit Alam

Dari kalangan menengah hingga atas, keramik granit alam seolah menjadi primadona tersendiri bagi mereka. Bagaimana tidak? Keramik granit diyakini mampu menciptakan kesan sejuk dan lebih asri.

Memang harga keramik ini sangatlah mahal, bahkan tak jarang membuat para pembeli jadi pikir dua kali sebelum mendapatkannya. Meskipun demikian, harga tetaplah sebanding dengan kualitas. Bukan hal yang tidak mungkin jika rumah Anda lebih terlihat mewah daripada menggunakan keramik biasa.

4. Keramik Homogeneous Tile

Sepintas agak susah memang menyebut istilah keramik ini. Namun dibalik semua itu, keramik homogeneous tile nyatanya hampir mirip dengan marmer atau batu granit alam.

Karakter homogenous tile cenderung classy dan trendy. Sangat nyaman bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis. Sebelum menggunakan kerakim homogenous tile, ada baiknya Anda tentukan dulu ukurannya. Ada yang berukuran 40×40 cm, 60×60 cm hingga yang paling besar yakni 100×100 cm. Bahkan, baru-baru ini keramik homogeneous tile berukuran besar sedang menjadi trend dan laku keras di pasaran.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR