ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Berbinar-binar dengan Lampu Interior Pemanis Ruang

Selasa , 29 Januari 2019 | 15:21
Berbinar-binar dengan Lampu Interior Pemanis Ruang
Model lampu interior (Net)

SALAH satu ornamen yang mampu membuat ruang semakin nyaman dan sedap dipandang adalah penempatan lampu interior. Meski punya pengaruh mengubah tatanan ruang, toh banyak pula yang mengabaikan keberadaan benda unik ini. Sebab, dari segi desain, warna, serta bentuk lampu, ornamen ini bisa memberikan pengaruh positif pada ruangan rumah.

Beberapa manfaat diantanya, mampu membuat warna dekorasi interior rumah semakin nampak jelas. Dengan demikian, pengaruh ini memberi nuansa serta atmosfer hangat di dalam ruangan. Efeknya, mampu mempertegas identitas pada tiap zona dalam ruangan di rumah. Rangkaian manfaat inilah yang seharusnya menjadi pertimbangan untuk menempatkan lampu interior pada ruangan.

Tak perlu khawatir bahwa dengan 'memperbanyak' ornamen menarik ini, maka biaya listrik pun meningkat. Perkembangan jaman yang sudah demikian modern dan praktis, makin memperingan pembiayaan. Karena meski lampu memiliki warna yang kian beragam dengan pancaran lampu yang semakin kuat, namun energi yang dibutuhkan semakin sedikit. Bahkan bisa dibilang semakin hemat dalam penggunaan listrik.

Nah, bila sudah mantap untuk berkerasi dengan lampu interior, berikutnya tinggal memilih, desain dan pencahayaan yang diinginkan. Berikut tiga tipe pencahayaan yang dipancarkan lampu interior yang sesuai untuk rumah.

Pencahayaan umum. Pencahayaan yang kerap disebut sebagai general lighting ini, merupakan sumber penerangan utama di rumah. Desain ini pun sangat umum digunakan oleh orang-orang untuk huniannya.Lampu interior dengan tipe ini terletak di bagian tengah ruangan atau titik-titik yang simetris dan rata. Tujuan penggunaan lampu interior general ini adalah agar seluruh ruangan tampak sangat jelas dan menyeluruh. Biasanya, lampu yang digunakan untuk jenis pencahayaan ini adalah downlight dan tubular lamp (TL).

Pencahayaan khusus. Biasa disebut task lighting, tipe ini paling baik ditempatkan pada sisi yang sinarnya terfokusk pada suatu area atau tempat. Tujuan penempatan lampu jenis penerangan ini adalah untuk membantu penghuni rumah melakukan aktivitas tertentu. Aktivitas-aktivitas tersebut biasanya adalah untuk membaca, memasak, dan uga untuk membuat kerajinan tangan. Menggunakan task lighting sendiri akan membuat mata lebih sehat dan tidak tegang saat melakukan aktivitas tersebut. Tidak hanya membantu memperlancar, Task lighting juga dapat membentuk serta mempertegas suasana tertentu dalam ruangan.

Lampu Aksen. Jenis lampu penerangan selanjutnya adalah lampu aksen atau accent lighting. Lampu interior yang satu ini hampir sama dengan task lighting, yaitu difokuskan pada area khusus. Bedanya, jenis lampu ini lebih digunakan untuk menyorot benda-benda khusus seperti lukisan dan benda seni. Tujuannya adalah untuk menghadirkan nuansa berbeda melalui bentuk-bentuk visual yang menarik. Lampu aksen biasanya dilengkapi dengan spotlight. Ini dilakukan agar muncul bias cahaya yang kuat sehingga lampu terfokus pada objek yang dituju.

 

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR